Friday, December 12, 2008

Jangan Mengaku Sebagai Salesman



TERNYATA salesman adalah profesi yang cenderung ditolak. Profesi ini adalah profesi menantang karena ternyata cenderung tidak diterima untuk bertamu. Sementara disisi lain, bukankah berkunjung/bertamu adalah salah satu alat yang paling efektif untuk berjualan? Wow... dunia semakin berubah! Sekian banyak wiraniaga pemula dan bahkan ada juga yang sudah senior masih saja selalu mengeluhkan betapa sulit mereka beremu dengan pengambil keputusan dan mempresentasikan produknya dengan nyaman. Bagi mereka, diusir secara halus adalah makanan sehari-hari yang kadang bisa melemahkan iman. Berangkat dari keluhan-keluhan itu, saya membuat survei kecil melalui internet dengan responden sekitar 90 orang yang tersebar di sebagian besar Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Saya menanyakan sejauh mana mereka merasa senang untuk menerima tamu seorang salesman. Kesimpulan sementara dari survei sungguh mengagetkan saya. Salesman adalah tamu nomor urut ketiga yang sangat tidak diharapkan setelah polisi dan pemeriksa pajak. Artinya dari sepuluh peran/profesi yang antri ingin bertemu, salesman adalah urutan kedelapan dari urutan itu. Yang lebih menarik adalah bahwa penagih hutang malah lebih diutamakan untuk ditemui dari pada salesman. Berikut hasil olahan data urutan tamu yang diterima oleh responden (dari yang paling didahulukan hingga yang paling ditolak).

keluarga
sahabat
tetangga
pekerja/aktifis politik
orang yang ingin berkenalan
penceramah agama
penagih hutang
salesman
pemeriksa pajak
polisi


Data tersebut diatas sepertinya dengan jelas menunjukkan bahwa salesman bukanlah profesi/peran yang paling disukai untuk ditemui. Artinya, mengaku sebagai salesman untuk bertamu adalah langkah konyol yang berpotensi menuai penolakan. Hadir sebagai keluarga, sahabat atau tetangga justru lebih berpotensi untuk diterima. Tidak heran jika multi level marketing lebih menyarankan untuk berjualan ke kalangan sendiri terlebih dahulu. Lalu, saya juga bertanya, jikalah mereka ’terpaska’ harus menerima salesman, salesman apakah yang paling mereka terima? Berikut urutannya: tidak memilih

salesman hotel
salesman koran
salesman perlengkapan rumah tangga
salesman kosmetik
salesman kendaraan bermotor
salesman obat kuat
salesman asuransi
salesman investasi
salesman multilevel marketing

Terlihat jelas sales multi level marketing adalah peran yang paling ditolak, diikuti oleh salesman investasi dan salesman asuransi. Tetapipada dasarnya indikasi penolakan terhadap peran salesman sangatlah jelas terlihat dari jawaban diatas.Saya juga bertanya alasan yang paling sering dipilih untuk menolak tamu yang tidak dikendakinya adalah:

sedang rapat (30 persen)
sedang ada tamu (28 persen)
sedang keluar kota (15 persen)
sedang makan (10 persen)
sedang sakit (07 persen)
harus ada janji dulu (05 persen)
menerima semua jenis tamu apapun (05 persen)

Bagi anda yang berkeinginan untuk bertamu, berikut durasi yang diminati oleh penerima tamu:

30 s/d 60 menit (60 persen)
0 s/d 30 menit (26 persen)
60 s/d 90 menit. ( 10 persen)
90 s/g 180 menit ( 04 persen)
lebih dari 190 menit. ( 00 persen)

Alasan : Studi kecil itu menggelitik pikian saya, mengapa begitu besar penolakan yang dialami salesman. Lalu kepada sebagian dari responden diatas, saya satu persatu bertanya kenapa mereka tidak suka menerima tamu seorang salesman. Ini Jawabnya;

sibuk, tidak mau diganggu (29 persen)
salesman kebanyakan itu sok pintar (23 persen)
salesman suka memaksa (21 persen)
salesman selalu memojokan kalau tidak membeli (17 persen)
membosankan (08 persen)
tidak punya uang (01 persen)
malas (01 persen)

Saya pikir, figur-figur diatas cukup sekali menjelaskan persepsi responden terhadap peran salesman. Ini seharusnya menjadi bekal bagi para salesman untuk berintrospeksi sehingga bisa lebih ’diterima’ oleh orang-orang seperti responden saya tersebut. Upaya memposisikan kembali citra salesman ke posisi yang lebih baik adalah pilihan yang cukup urgent pada saat ini, kalau tidak, kita mesti menghindari mengaku sebagai salesman jika akan memprospek target.

No comments:

Post a Comment